Thursday, October 26, 2017

Perkembangan Anakku Usai 1th Pasca Operasi Hygroma Colli

Kini sudah genap satu tahun usiamu anakku tersayang, selamat ulang tahun abi ♥♥♥. Doa mamy dan papy padamu semoga kamu selalu dalam lindungan allah swt, panjang umur, sehat selalu dan jadi anak yang pintar serta soleh ya sayang.. Alhamdulilah, tidak ada yang lebih membuatku bahagia selain dapat melihat dan menjagamu tumbuh besar hingga dewasa sayang. Kamulah yang sejak dulu mamy dan papy perjuangkan. Karena memilikimu adalah sebuah anugerah terindah dari tuhan untuk kami.


Perasaan bahagia tentunya yang aku rasakan sekarang ini, mengingat abi dulu adalah sebuah perjuangan terberatku yang pernah ku lakukan, perjuangan untuk bisa menjadi seorang ibu dan ayah untuk dapat memilikimu. Perjuanganku semasa hamil bergelut dengan  tekanan batin agar tidak stres berat, berusaha tetap menjagamu agar selalu sehat di dalam kandungan meskipun tidak mudah bagimu dan bagiku. Perjuangan saat di suruh memilih untuk kehilanganmu atau berusaha mempertahankanmu meskipun sangat tipis kemungkinan itu. Setelah lahir harus masih stay di rumah sakit untuk mendoakanmu & memberimu kekuatan agar tetap bertahan. Perjuangan untuk merawatmu dan membesarkanmu apapun itu kulakukan agar kamu bisa tumbuh sehat dan gemuk.

Alhamdulilah.. semua perjuanganku tidak sia-sia sayang. Kini kamu sudah tumbuh semakin besar dan tinggi meski usiamu baru 1 th. Tangis dan tawamu selalu menghiasi hari mamy ngebuat hari mamy semakin menjadi indah. Meski dengan keterbatasan fisikmu karena hygroma colli yang kamu derita dulu. Yahh.. meski abi pernah menjalani operasi hygroma colli sewaktu bayi, efek samping dari sakit itu belum sepenuhnya hilang. Dulu sempat aku merasa takut apakah mulut abi akan tetap merot ke kanan selamanya ataukah bisa sembuh? Lalu gimana dengan mata kirinya? Lidahnya? akankah dia nanti kan kesulitan makan,minum dan bicara? Tapi seiring berjalannya waktu, keresahanku terjawab sudah.

Benar apa yang seperti dikatakan dr.bedahnya.. kelainan itu akan pulih dengan sendirinya tapi butuh waktu. Ibu harus sabar dan rutin melatihnya. Memang benar kini merot abi sudah tidak separah dulu, sekilas sudah tidak terlalu kelihatan hanya terlihat pipi kirinya saja yang besar sebelah. Andaikan saja pipi kirinya sudah tidak bengkak, maka sembuhlah sudah merotnya si abi. Mata kirinya pun sekarang sudah bisa menutup,berkedip meski tidak sering. Hanya saja saat ia menangis barulah terlihat jelas, mata kiri tetap terbuka lebar sedangkan yang kanan menutup normal dan bibirnya masih merot kekanan saat ia menangis. Dan untuk lidahnya, abi ternyata tidak kesulitan dalam makan dan minum. Ketakutanku apakah dia akan kesulitan bicara juga terjawab sudah. 4 kata yang sudah bisa dia ucapkan yaitu mama,papa,maem dan mbah. Lumayanlah, kadang-kadang malah asal nyeplos gitu entah manggil ikan, kak dan lainnya tapi jika suruh ngulang lagi nggak bisa. Hahaha lucu juga yaa..

Kesehatan abi juga sudah membaik sekarang, imunnya sudah lebih optimal dia tidak mudah sakit (karena sesuai saran dokter anaknya sampai usia 1th tag kasih suplemen zat besi) dan susu formula yang menurutku bagus yang mendukung tumbuh kembangnya. Berat badannya pun sekarang sudah normal sesuai usianya. Abi juga jadi anak yang pintar, terlihat dari setiap caranya menirukan hal-hal yang sering kubiasakan saat dia bermain, serta menirukan setiap apa yang diajarkan dan ia sudah paham perkataan dan perintah dari yang mengajak ia bicara. Meskipun ia belum bisa ngejawab secara lisan, tapi abi bisa melakukannya dengan tindakan. Hihihi anak mamy pintar ♥♥. Sekarang abi lagi proses belajar jalan, sebetulnya sudah bisa tapi masih takut buat jalan sendiri alhasil minta tetahan terus. Jalan sendiripun cuma nggak ada 1 mtr dia beranikan diri. Hihihi nggak papa ya nak..

Lalu tentang hygroma collinya, kemarin habis kontrol dan di USG lagi. Hasilnya masih ada sisa masa hygroma colli di lehernya. Iya emang terlihat masih membenjol di leher kirinya sedikit, ukurannya sebiji salak bun. Secara sekilas terlihat seperti gondongan bayi. Selama itu tidak mengganggu aktivitas abi, kata dokter tidak apa-apa dulu. Aku juga harus tetap waspada dengan area di belakang telinga kirinya. Karena dulu dokter bilang masih ninggalin di bagian itu karena saraf abi dulu masih sangat halus waktu di operasi pertama. Planning dokter bedahnya adalah nunggu usia abi sekitar 3/4 th dulu baru akan dilakukan operasi pengangkatan yang ke-2. Operasi itu bertujuan untuk pembenahan penampilan abi biyar tidak minder saat bertemu teman-temannya. Abi sayang, kuatkan dan tegarkan hatimu nanti ya sayang. Saat kamu sudah mulai bermain bersama teman-temanmu nanti abaikan segala perkataan dan ejekan temanmu nanti. Mamy tau itu tidak akan mudah, tapi mamy akan selalu berusaha melindungimu dan menguatkanmu. Karena ejekan/perkataan yang tak enak hati untukmu kelak pasti tidak bisa di pungkiri di masa seusiamu nanti. Mamy sayang kamu abi ♥♥♥.

Hanya seorang ibu rumah tangga yang ingin menulis disela2 kesibukannya

2 comments

Bun,usia berapa de² Abi menjalankan operasi hygroma coli?


EmoticonEmoticon